[
Welcome to universal - Your education solution partner!
universaloverseasstudy@gmail.com

Check Our Most Recent Events

Learn And Prepare For Your Future With Us On Here

Daripada salah jurusan, mending GAP Year

 COUNSELLOR’s corner

Daripada salah jurusan, mending GAP Year

Published 24 March 2022

 












“Daripada salah jurusan, mending GAP Year “ 

Kalian punya teman yang berpikiran seperti ini?? Sebagai konselor, saya bertemu dengan banyak murid yang mengambil keputusan GAP year. Planningnya g lama sih cuman 1 tahun break dan alasan GAP year biasanya karena belum tahu jurusan yang tepat.

Apa yang dilakukan murid-murid dalam kurun 1 tahun?? Ada yang jadi pengacara hehheh pengangguran tanpa acara dengan dalih cari inspirasi dan jati diri sebelum melangkah belajar di universitas. Ada yang menghabiskan waktu dengan bekerja sambil berpikir jurusan yang cocok di hati.

Apa yang terjadi setelah 1 tahun? Beberapa berhasil menemukan talenta emas yang terpendam dan memutuskan untuk lanjut kuliah. Good job! Ada pula teman-teman yang akhirnya memutuskan bekerja saja. Yang bikin mupeng dan geleng-geleng ketika mereka melanjutkan status pengacara dan kalo ditanya kapan mau lanjut, “Tar aja kak. Paling kuliah di sini aja supaya ada kerjaan.” Duhhh segitunya kah masa depan mu??



Apakah GAP year adalah langkah yang tepat jikalau belum tahu jurusan yang diambil? Menurut saya ada beberapa langkah untuk mengetahui jurusan yang tepat.

1.      Berbicara dengan konselor

Ada beberapa konselor yang bisa dimintain pendapat, misal konselor di sekolah, konselor pendidikan di universal. Para konselor ini adalah orang-orang yang mendapatkan pelatihan khusus sehingga bisa memberikan konseling mengenai jurusan2 yang ada di universitas, jurusan yang prospek di masa depan.

Kapan nih waktu yang paling tepat berdiskusi dengan konselor? Minimal 1 tahun sebelum perencanaan studi. Awali Komunikasi dengan orang tua, dari hati ke hati, sebelum bertemu dengan konselor. Bahkan libatkan orang tua mu juga saat konseling. Hati jadi adem ayem ketika satu keluarga mendukung keputusan studi kamu J

2.     Daftar Test Minat Bakat

Untuk teman-teman yang mau tahu kemampuan diri, talenta, potensi terpendam, test minat bakat akan sangat membantu. Teman-teman harus cari test Minat Bakat yang bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya, jangan yang ‘terkesan murah’ tapi #ngawur. Hidup kalian terlalu berharga guys!

Setelah 2 step ini dilakukan dan masih belum bisa memantapkan diri (pembahasan terlepas dari masalah ekonomi ya guys!), mengambil GAP year menjadi solusi terakhir. Saran saya ya teman-teman, isilah hari-hari GAP year dengan kegiatan yang bisa membantu pencarian diri kalian, misal ikutin workshop, training, short course, summer camp.

Baca juga: Study and Enrichment Trip ke luar negeri

Jangan lupakan GOAL kalian J GAP year harus ada masa akhirnya supaya GOAL kalian tercapai.  Amankan masa depanmu, sekarang! Good luck!

Contact Us Now For Further Information

Get ready and take your opportunity with us
Chat di Whatsapp
Chat di Line