[
Welcome to universal - Your education solution partner!
universaloverseasstudy@gmail.com

Check Our Most Recent Events

Learn And Prepare For Your Future With Us On Here

Belajar jurusan Data Science buat apa?

COUNSELLOR’s corner

Belajar Data Science buat apa?

Published 8 March 2022

 


Akhir-akhir ini ada banyak universitas bicara tentang jurusan Data Science. Jurusan ini menjadi sangat popular seiring dengan berkembangnya Internet dan teknologi digital.

Apakah teman-teman tahu bedanya Data Science dan jurusan science-science yang lain?? Apalagi untuk para orang tua, pasti bertanya-tanya prospek jurusan yang ‘ajaib’ ini hehehhe…

Cari tahu dulu apa itu Data Science…..Saya coba rangkum dengan bahasa yang mudah dicerna. Jurusan Data Science adalah ilmu yang menggabungkan matematika, statistic dan pemrograman computer. Jadi bahasa pemograman seperti SQL, Phyton, R, Java, Scala, dll bakalan menjadi topic pembahasan selama kuliah. Data-data yang ada, dimasukkan/ diproses menggunakan bahasa pemograman dan akhirnya keluarlah JAWABAN. Jawaban inilah yang digunakan oleh banyak perusahaan besar dan kecil untuk membuat strategi yang efektif dan efisien.

Bidang pekerjaan apa saja sih yang melibatkan Data Science? Ini dia:

1.      Bidang kesehatan

Instansi pemerintah melacak dan memetakan wabah COVID di suatu area secara real time dengan bantuan data science, wow!! G kebayang ya.

2.     Bidang financial

Kebanyakan bank dan perusahaan berbasis finance kini menggunakan data science untuk mengklasifikasikan, mengelompokkan, dan menyegmentasikan data yang mungkin menandakan pola penipuan. Hal ini diperlukan guna mendeteksi model-model penipuan yang tidak terduga, sehingga kejahatan2  di bidang keuangan bisa diminimalis. Wow!!

3.     Bidang E-commerce

Teman-teman yang suka belanja di shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain lain pasti suka banding-bandingkan harga. Ketika teman-teman mau beli 1 tas, tiba2 di bagian bawah akan muncul barang sejenis dengan harga yang lebih murah/ harga lebih mahal. Akan muncul juga variasi tas dengan model lain yang lebih imut, jadinya bikin belanja tambah semangat pilih pilih hahahaha..

Data Science digunakan untuk mensegmentasi data pelanggan berdasarkan produk , harga sesuai segmen. Keren ya



Tren pekerjaaan sebagai Data scientist, Data engineer, Data Analyst  diperkirakan akan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang. Bahkan gajinya terbilang sangat luar biasa, di Indonesia berkisar Rp. 122 juta/ tahun. Kok bisa? Yes!! karena jurusan ini tidak mudah dipelajari namun keahliannya sangat penting untuk kelangsungan bisnis.

Jadi, jika kalian tertarik mempelajari Data Science lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu nilai Matematika yang baik, kemampuan bahasa Inggris, dan juga dasar-dasar pemograman akan sangat banyak membantu. Jangan lupa Check sekolah dan universitas yang memiliki kreadibilitas di bidang Data Science. Mau Tanya-tanya lebih lanjut, konselor universal siap membantu.

“Learn with curiosity and positive minded”.

 

#Data science #data science adalah

Source:

https://www.payscale.com/research/ID/Job=Data_Scientist/Salary

Contact Us Now For Further Information

Get ready and take your opportunity with us
Chat di Whatsapp
Chat di Line